MENJADIKAN CTPS SEBAGAI SUATU KEBIASAAN KPM PKH

MENJADIKAN Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) SEBAGAI SUATU KEBIASAAN Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga HarapanPertemuan (PKH) Peningkatan Kemampuan Keluarga KPM PKH Kecamatan Selesai Kab. Langkat

Pekerja Sosial Supervisor dan Pendamping Sosial Kabupaten Langkat bertekad akan terus melakukan peningkatan kemampuan kepada para penerima manfaat Program Keluarga Harapan, hal ini di buktikan dengan semangat dan kreatifitas yang di implementasikan di lapangan.
Kali ini Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga atau yang lebih kita kenal dengan P2K2 dilaksanakan di Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat, mengambil momentum hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se Dunia yang diperingati setiap tanggal 15 oktober, kegiatan P2K2 dibuat dengan konsep Kampanye Kesehatan dan tetap berpatokan pada modul kesehatan dan Gizi. Rangkaian kegiatan dibuat lebih menarik dengan melibatkan orang tua dan anak-anak KPM usia sekolah Dasar sebagai peserta, sosialisasi membiasakan diri melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) kepada Keluarga Penerima Manfaat juga melibatkan pihak tenaga kesehatan dari Puskesmas setempat sebagai narasumber. Langkah tersebut dilakukan sebagai komitmen berbagai lintas sektoral dalam mendukung pola hidup sehat di masyarakat agar terhindar dari berbagai penyakit.


Menurut Liwarta Purba, S.KM, CTPS itu penting dilakukan oleh masyarakat khususnya anak-anak, dengan melakukan cuci tangan pakai sabun maka akan terhindar dari bakteri yang dapat menganggu kesehatan. Narasumber menyampaikan bahwa ada lima waktu penting yang harus diperhatikan dalam melakukan CTPS, diantaranya sebelum dan sesudah makan, sebelum menghidangkan makanan, setelah dari jamban, setelah membersihkan anak yang buang air besar, setelah memegang hewan atau benda kotor. Sejumlah hal ini menjadi perhatian orang tua untuk diterapkan di keluarga agar kebersihan tangan tetap terjaga dan tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit.
Camat Selesai Robby Deritawan Sitepu, S.E, M.SP dalam sambutannya mengajak keluarga penerima manfaat khususnya anak-anak KPM yang masih duduk dibangku sekolah agar membiasakan hidup sehat, Perilaku hidup bersih dan Sehat bisa dimulai sejak dini dengan cara yang sederhana. Orang tua mengingatkan anak dan begitu juga sebaliknya anak-anak punya kewajiban mengingatkan orang tuanya agar berperilaku hidup bersih dan sehat.

Dalam rangkaian kegiatan kampanye kesehatan ini, SDM PKH kabupaten Langkat menggelar deklarasi bersama antara pemerintah dan keluarga penerima manfaat dengan melakukan cap tangan sebagai simbol dukungan kampanye cuci tangan pakai sabun.

Anak-anak KPM tampak antusias saat menempelkan cap warna tangan dikain putih dan selanjutnya berkesempatan mempraktikan langsung cara cuci tangan pakai sabun yang benar. Keg

iatan ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan kesadaran KPM akan pentingnya kesehatan sejak dini, sehingga terciptalah perubahan perilaku kearah yang lebih baik sebagaimana salah satu tujuan dari Program Keluarga Harapan itu sendiri.

Penulis
Evan Notatema Hia, S.ST
Pekerja Sosial Supervisor PKH Kabupaten Langkat Sumatera Utara dikirim Melalui KIRIM TULISAN

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.