Ikuti Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga(P2K2), Diharapkan Mampu Memenuhi Hak-Hak Anak

Posted on

Ikuti Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga(P2K2), Ibu-ibu PKH Desa Sialang Rindang diharapkan mampu memenuhi hak-hak anak

Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November. Perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia. Sejak 1990, Hari Anak Sedunia juga menjadi peringatan bagi Majelis Umum PBB saat mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak.

Sejak awal Program Keluarga Harapan (PKH) didesain pemerintah untuk meningkatkan kualitas keluarga prasejahtera di Indonesia. Kegiatan P2K2 didesain untuk menumbuhkan kesadaran keluarga dalam meningkatkan kualitas hidupnya.

P2K2 merupakan proses belajar secara terstruktur untuk memperkuat terjadinya perubahan perilaku pada KPM. Secara umum P2K2 bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman mengenai pentingnnya pendidikan, kesehatan, pengelolaan keuangan bagi keluarga, perlindungan anak dan perawatan lansia serta penyandang disabilitas berat.

Keluarga Penerima manfaat(KPM) PKH Desa Sialang Rindang, Rabu (20/11/2019) berkumpul di Aula BPD mengikuti pertemuan rutin bulanan yang merupakan kewajiban bagi penerima bantuan PKH dan sebagai salah satu bukti bahwa Penerima PKH berkomitmen dalam mengikuti kegiatan yang sudah di programkan oleh pemerintah.

Pendamping sosial Kecamatan Tambusai Suparman Setyo P.,S.Pd.I, sebelum memulai kegiatan tersebut diatas mengawali dengan mengucapkan salam dan menyapa keluarga penerima manfaat yang hadir. Dalam kesempatan itu juga ia memberikan motivasi agar anggota PKH diharapkan hadir dalam setiap pertemuan bulanan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan baik modul pengasuhan dan pendidikan anak di rumah, mengelola keuangan dan perencanaan usaha, perlindungan anak, kesehatan dan gizi, serta kesejahteraan sosial.

Selain itu, setiap modul yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat dipergunakan untuk merubah cara berfikir menuju pola pikir dan sikap keluarga lebih baik, sehat dan cerdas Setiap modul berisi beberapa bahasan sesi. Setiap sesi memiliki alokasi waktu rentangan penyampaian satu jam sampai dua jam. Membekali edukasi kepada keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan sesekali disisipi permainan edukasi untuk menghilangkan kejenuhan, keseriusan sejenak.

Meylia Tranita Dewi,S.Pd, bertindak sebagai fasilitator dalam kegiatan tersebut menyampaikan beberapa bahasan diantaranya pertama mengenal hak anak, hak anak yang hak sipil dan kebebasan, hak hidup dalam keluarga dan pengasuhan alternatif, hak pendidikan, waktu luang dan kegiatan budaya, hak perlindungan khusus. Kedua mengetahui definisi kekerasan terhadap anak, perlakuan salah dan jenis kekerasan terhadap anak.

Metode yang dipergunakan fasilitator dalam menyampaikan materi pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds) ceramah, tanya jawab, diskusi, berbagi kasus. Alat atau media yang dimanfaatkan dalam menyampaikan materi pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds) diantaranya Permainan body maping dalam upaya pencegahan kekerasan dan perlakuan salah.

Dalam kesempatan yang sama, Kades Sialang Rindang Putro Warsono,S.Agr menyampaikan bahwa Pemerintah desa mendukung kegiatan-kegiatan PKH dalam rangka pembangunan SDM yang Unggul.

“ Semoga bantuan PKH yang diberikan pemerintah selama ini bermanfaat bagi keluarga Ibu-ibu dan bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selain itu, kami dari pemerintah desa meminta dukungan kepada semua pihak dalam memajukan Desa kita ini maju dari segi pembangunan fisik maupun non fisik” ujar Putro dalam sambutannya.

Kegiatan pertemuan kelompok berakhir pukul 16.00 WIB. Semua ibu-ibu keluarga penerima manfaat pulang dengan hati riang. Semangat untuk mempraktekkan materi yang sudah disampaikan oleh fasilitator.

 

Dikirim oleh

Suparman Setyo Purnomo melalui Kirim tulisan

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.