Tanpa Stikerisasi Kami Siap Graduasi, #MerdekaGraduasi

Tanpa Stikerisasi Kami Siap Graduasi, #MerdekaGraduasi

Rabu 18 Desember 2019, PKH Kabupaten Magetan  telah melaksanakan gelar aksi prestasi. Acara ini digagas untuk memberikan apresiasi kepada KPM yang telah sadar mengundurkan diri dari kepesertaan PKH karena sudah merasa sejahtera. Sebanyak 413 KPM hadir di pendapa Surya Graha untuk mendapat piagam penghargaan dari Bupati Magetan, Dr. Drs Suparwoto, SH. M. Si.

Dalam pelaksanaan graduasi, pendamping PKH Magetan tidak hanya menyasar terpenuhinya angka target yang telah ditentukan. Lebih dari itu, PKH Kabupaten Magetan mempunyai misi untuk membentuk mental empati KPM agar kesadaran diri untuk mundur dari kepesertaan PKH bisa muncul dari dalam diri KPM itu sendiri.

Pendamping PKH Kabupaten Magetan melaksanakan upaya graduasi dengan memotivasi dan edukasi yang dimaksimalkan dalam P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kesejahteraan Keluarga). Hal ini searah dengan goals program PKH yang berfokus pada peningkatan kualitas kehidupan keluarga.  Terlebih lagi, kenyataan deteroisasi mental masyarakat yang mengarah pada memiskinkan diri memang benar adanya. Kebanyakan KPM  merasa tersinggung jika diminta untuk mundur karena sudah mampu tanpa memperhatikan keadaan di sekitar mereka yang masih banyak keluarga yang seharusnya layak dibantu.

Tanpa Stikerisasi Kami Siap Graduasi, #MerdekaGraduasi

Dengan konsisten upaya pendamping PKH Kabupaten Magetan ini dilakukan tanpa terbawa trend stikerisasi yang ramai dilaksanakan pelaksana PKH di berbagai daerah.  Hal ini setali tiga uang dengan komitmen kami untuk mewujudkan merdeka graduasi tanpa stikerisasi demi menjaga martabat KPM sebagai manusia.

Serangakaian acara graduasi ini juga dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada anak KPM yang berprestasi. Hal ini sebagai wujud kepedulian dan dukungan kami kepada keluarga KPM. Hal ini sekaligus sebagai bentuk apresiasi kepada anak KPM PKH yang terbukti berprestasi meskipun keadaan finansial terbatas.

Pagelaran ini juga dimaksudkan untuk memberikan efek persuasif kepada KPM PKH yang sudah tergolong mampu agar tergerak hatinya untuk turut mengundurkan diri dari kepesertaan PKH.

Graduasi bukan tentang berapa jumlah yang telah pendamping capai. Akan tetapi, upaya mengubah pola pikir dari rasa senang menerima bantuan menjadi senang bermanfaat untuk sesama. Sangat sulit mengajak KPM untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya, tapi lebih sulit lagi mengubah mental miskin yang mendarah daging pada mereka.

Rikha Vivit/Pendamping Sosial Kecamatan lembeyan Kabupaten Magetan Website: https://instagram.com/rikhavivit?igshid=1u66wc3mkedhn DIKIRIM MELALUI http://pendampingsosial.id/kirim-tulisan/

Join our list

Masukan Email aktif anda dan dapatkan pemberitahuan lewat email

Selamat Cek email Klik * Konfirmasi Ikuti*

Something went wrong.